Monday, November 23, 2015

Pengertian BIOS dan Fungsinya

Pengertian BIOS dan Fungsinya - BIOS merupakan sebuah istilah singkatan dari basic input atau output system yang ada pada level paling dasar terdiri dari software low level yang fungsinya untuk mengontrol hardware system, pada dasarnya bios menghubungkan antara hardware dan software pada sebuah sistem namun sebagian orang mengetahui istilah BIOS berdasarkan nama lain device driver atau driver saja.

BIOS basic input output system merupakan istilah tunggal yang menggambarkan semua driver atau program kontrol hardware low level pada sebuah sistem yang bekerja cara bersama-sama bertindak sebagai satu interfase antara perangkat keras dan perangkat lunak, terkadang sulit juga membedakan atau memahami perbedaan perangkat keras komputer dan perangkat lunak pada sebuah sistem komputer. baca juga pengertian sistem komputer di sini http://www.androidxiaomi.tk/2015/02/sistem-komputer.html

macam-macam bios  setting bios  fungsi bios  pengertian bios dan os  pengertian bios dan fungsinya pada komputer,  jenis bios,  contoh bios

Sebuah sistem komputer dua-duanya sama-sama terjalin operasi yang mungkin adalah dibakar atau burn dalam 1 Chip ROM yang non volatile atau tidak bisa dihapus ketika mati dan juga read only, ini merupakan bagian utama dari BIOS. dan BIOS juga memasukan chip rom yang terinstal pada adapter yang semua perangkat tambahan lainnya juga di load ketika sistem boot up.

Gabungan motherboard BIOS bios card adapter dan device driver diambil dari disk membentuk BIOS secara keseluruhan bagian dari bios yang diisikan ke dalam chip bios baik pada motherboard atau beberapa card adapter yang terkadang disebut firmware, sebuah nama yang diberikan untuk software yang disimpan pada chip. ini membuat orang-orang berpikir salah tentang BIOS dengan menganggapnya sebagai komponen hardware. baca pengertian motherboard dan fungsinya

Sistem komputer digambarkan sebagai serangkaian lapisan beberapa hardware dan beberapa software yang meginterface satu sama lain, yang paling mendasar membagi sebuah komputer kedalam 4 layer primer dan masing-masing dapat dibagi kedalam sub-set.

Tujuan desain adalah membuat sistem operasi dan aplikasi dapat berjalan pada hardware yang berbeda.

Pada arsitektur layer program software aplikasi berbicara pada sistem operasi melalui api application programming interface bervariasi tergantung sistem operasi yang Anda gunakan, dan terdiri dari berbagai perintah dan fungsi yang dapat dilakukan oleh sistem operasi untuk sebuah aplikasi. sebagai contoh sebuah aplikasi dapat meminta sistem operasi untuk menyimpan sebuah file, baca juga cara membuat folder

Dengan demikian aplikasi itu sendiri tidak harus mengetahui bagaimana membaca disk dan mengirim data ke printer atau melakukan berbagai fungsi lainnya yang dapat dilakukan oleh sistem operasi, aplikasi sepenuhnya terpisah dari hardware. karena pada dasarnya anda dapat menjalankan aplikasi yang sama pada mesin  yang berbeda, dan  aplikasi didesain untuk berkomunikasi dengan sistem operasi daripada perangkat keras . 

Sistem operasi kemudian menginterfase melalui bios atau driver layer. Bios terdiri dari semua driver individual yang beroperasi antara sistem operasi dan perangkat keras aktual, sistem operasi tidak pernah berbicara pada hardware secara khusus bahkan ia harus selalu mendapatkan driver yang tepat.

Hal ini memberikan suatu cara yang konsisten untuk berbicara dengan perangkat keras. biasanya merupakan tanggung jawab manufaktur untuk memberikan driver pada hardware mereka driver harus menawarkan driver yang berbeda sehingga perangkat keras dapat bekerja di bawah DOS Windows 95, Windows NT, Windows 2000, Linux dan seterusnya.  karena banyak sistem operasi yang menggunakan interfase internal yang sama, maka beberapa driver pun dapat bekerja dibawah sistem operasi. sebagai contoh sebuah driver yang bekerja dibawah window ME dapat bekerja di Windows 95 dan window 98. 

No comments:

Post a Comment