Sunday, October 18, 2015

Profesi Web Designer, Webmaster, Web Programmer & Web Developer

Profesi Web Designer, Webmaster, Web Programmer & Web Develover -Banyak sekali ragam dalam profesi di dunia TI ( Teknologi Informasi), Lalu apa saja profesi yg berada dalam lingkungan pengembangan aplikasi web? Berikut ini merupakan profesi-profesi yg secara langsung terkait atau berhubungan dalam pengembangan aplikasi web. diantaranya ialah:

Web Designer

Profesi Web Designer merupakan orang yang paling bertanggung jawab untuk menentukan tampilan suatu web. Tugas web designer yaitu pendesain tampilan situs (website) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, & semua elemen-elemen visual situs. Konsentrasi utama mereka merupakan tampilan / layout dari website. Web designer lebih konsen dengan bagaimana halaman terlihat nanti & apakah berfungsi sempurna disaat sudah diberikan bahasa pemrograman. Jika anda berminat untuk menjadi seorang Web Designer, maka anda wajib menguasai hal-hal berikut :

- HTML, DHTML
- Pengolah Gambar
- Animasi, Movie (Film)
Profesi Web Designer, Webmaster, Web Programmer & Web Develover

Web Programmer

Web Programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman suatu web agar dinamis. di mana supaya satu buah website tersebut bakal telihat mudah bagi satu orang web administrator. Seandainya website yang akan dibuat mempunyai fasilitas interaksi antara visitor & web contohnya mengenai dgn transaksi, input output data & database sehingga bagi seorang Web Programmer yg bakal mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yg berkerja di atas web (situs). Penguasaan yg biasanya harus dikuasai oleh Web Programmer adalah :

- CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
- ASP (NT base)
- Java Script & Applet

Web Administrator

Tugas Web Administator yaitu untuk memaintenance satu buah server, mengerti akan Sistem Operasi Server, baik itu hal instalasi hingga kepada masalah-masalah pada web (troubleshooting), umumnya seorang Web Administrator mesti menguasai beberapa hal dibawah ini :

- OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)
- OS NT
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
- Keamanan Server

Web Master

Seoarang Web Master merupakan seorang yg sangat mengerti akan kesemua faktor mulai dari desain, program & keamanan server,  meskipun demikian seorang webmaster tidak ikut mencampuri pada masing-masing divisi, cukup dgn tugas mempertanggung jawab atas jalannya suatu web (website). Penguasaan ilmu yg mesti dimiliki oleh seorang Web Master adalah:

- HTML, DHTML
- CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
- Penguasaan berbagai OS (Operating System)
- Keamanan Server
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet) , baca juga pengertian MAN LAN WAN

tugas web developer  pengertian developer application  pengertian web administrator  pengertian web programming  istilah developer  pengertian pemrograman berbasis web  programan berbasis web site  arti web programmer

Web Developer

Aktivitas di atas secara total disebut suatu team yg disebut Web Developer. Web developer mempunyai tugas seperti konsultasi situs, ide situs yg dapat di buat, membangun sebuat web.
tugas web developer  pengertian developer application  pengertian web administrator  pengertian web programming  istilah developer  pengertian pemrograman berbasis web  programan berbasis web site  arti web programmer
Dari seluruh kategori tugas di atas tidak seluruhnya dapat dijadikan profesi sebab tidak semua orang ahli dalam bidang tersebut. Yg dapat dikatakan juga sebagai sebuah profesi yakni seandainya seseorang telah ahli di dalam bidang pekerjaan tersebut. Maka tugas di atas yg dapat dikatakan sebagai sebuah profesi ialah web designer, web programmer, web administrator, web master & web developer dikarenakan dalam sektor tersebut seseorang benar-benar sudah mempunyai keahlian di dalamnya. 
Profesi manakah yang anda suka? silahkan tentukan dari sekarang !!!

No comments:

Post a Comment