Wednesday, October 21, 2015

Pengertian Processor dan Fungsinya

Pengertian Processor dan Fungsinya - Sebuah Komputer tidak akan bisa berjalan tanpa CPU. CPU sering sekali disebut dengan otaknya komputer. Dalam motherboard, CPU mempunyai sirkuit tunggal terintegrasi (single integrated circuit) yg disebut mikroprosesor. CPU juga mempunyai dua komponen dasar, unit kontrol & Arithmetic/ Logical Unit (ALU). Unit kontrol menginstruksikan system computer bagaimana mengikuti instruksi sebuah program. hal itu dapat menghubungkan langsung data dari dan ke memori processor. Unit kontrol menyimpan data sementara, instruksi & memproses informasi dgn memakai unit arithmetic/logic. sbg penambahan, unit juga mengontrol sinyal antara CPU & peranti eksternal seperti hard disk, memori utama & port I/O. baca juga pengertian CPU

sejarah processor  pengertian processor dan fungsinya  pengertian vga  fungsi processor
Arithmetic/Logic Satuan (ALU) dapat menjalankan ke-2 operasi arithmetic dan operasi logic. Operasi arithmetic yaitu operasi dasar matematika seperti tambahan, pengurangan, perkalian, & pembagian. Operasi logis seperti AND, OR & XOR dipakai buat membuat perbandingan & mengambil keputusan. Operasi logis bakal menentukan bagaimana satu buah program akan dieksekusi.

Procesor akan menangani sebahagian besar operasi yg dijalankan oleh komputer dengan memproses instruksi/perintah, mengirimkan sinyal ke luar, memeriksa hubungan (connectivity) & memastikan bahwa operasi & perangkat keras berfungsi sebagaimana mestinya. Procesor bakal bertindak sbg pengirim pesan pada komponen-komponen seperti RAM, monitor & disk drive. Mikroprosesor dihubungkan ke dalam system computer lewat tiga bus. Bus-bus tersebut ialah bus data, bus alamat, & bus kontrol. Terdapat perusahaan berbeda yg memproduksi CPU. Mereka termasuk Intel, Advanced Micro Devices (AMD) & Cyrix. Intel dikenal dgn menciptakan chip CPU berbasis silikon sbg chip modern di thn 1971.

Jenis Soket Processor

Mikroprosesor bekerja memakai terminal yg spesifik, termasuk juga diantaranya Soket 7, Soket 423 atau Slot 1, Soket X. X dapat jadi angka numerik apapun, adalah istilah deskripsi utk memastikan bagaimanakah processor tersambung (plug) dengan motherboard komputer. Processor plug in utk membuat kontak dgn sirkuit built in atau bus data dari motherboard. Pembuat mempunyai tipe soket yg tidak sama buat product processor yg diproduksi. Soket 7, waktu ini telah ketinggalan jaman, pernah dikenal sebagai variasi koneksi utama terbaik yg sempat di desain. Soket 7 diperlukan selama
periode waktu tertentu oleh tiga type processor utama. Jenis soket yg diikuti dengan nomer yg lebih besar berarti yakni model yg terbaru. Contohnya Soket 370 lebih baru daripada Soket 7. Teknologi processor dan kecepatan sudah meningkat dengan proses up date.
sejarah processor  pengertian processor dan fungsinya  pengertian vga  fungsi processor

sejarah processor  pengertian processor dan fungsinya  pengertian vga  fungsi processor
Processor tipe-soket memakai soket Zero Insertion Force (ZIF). Soket ZIF dirancang buat meringankan memasukkan mikroprosesor. Soket ZIF mempunyai tuas yg dapat terhubung & menutup utk mengamankan mikroprosesor di tempatnya. Sbg tambahan, soket yg memiliki nomer tidak serupa dapat mempunyai pengaturan pin & pin lay out yg berlainan pun. Contohnya, Soket 7 mempunyai 321 pin. Jumlah pin dapat makin meningkat seiring dgn penomoran soket.
sejarah processor  pengertian processor dan fungsinya  pengertian vga  fungsi processor

Slot Processor

Procesor tipe-slot hanya ada di pasaran selama setahun. Intel mengganti konfigurasi soket ke dalam paket procesor dalam cartridge yg muat dalam slot di motherboard buat procesor Pentium II. Secara hampir bersamaan, AMD telah meningkatkan Slot A setara dgn Slot 1, jadi Soket A sebab kapabilitas tingkat tinggi (high-end) AMD Athlon & processor Duron.

Jenis-jenis Processor

1. Mikroprosesor Intel Pentium paling baru termasuk Pentium II, III, IV & Xeon. Kelas Pentium yakni standard terbaru utk chip processor. Prosesor-prosesor tersebut mewakili processor Intel generasi ke-2 & ke3. Dgn mengkombinasikan memori cache (tersembunyi) dgn sirkuit mikroprosesor, Pentium mendukung processor dgn kecepatan 1000 MHz & lebih tinggi. Chip yg dikombinasikan mempunyai ukuran tak lebih dari 2 inc persegi (6 cm persegi) & terdiri lebih dari 1 juta transistor.

Processor Pentium sudah membuat beberapa peningkatan dari pendahulu mereka, yg terevolusi dari Intel 80486. Contohnya, bus data Pentium lebarnya 64-bit dan bisa menampung data 64-bit dalam satu waktu. Bandingkan dengan Intel 486 32-bit. Pentium mempunyai cache berganda dalam daya simpan total sebesar 2 MB, di bandingkan dengan 8 KB pada Intel 486. Peningkatan dalam kecepatan processor menciptakan komponen mendapatkan data yg masuk & ke luar dari chip dgn lebih segera. Processor tak jadi diam menunggu data atau instruksi. faktor ini membuat software berjalan lebih cepat. Komponen tersebut diperlukan buat menangani arus informasi (information flow) lewat processor, menterjemahkan instruksi maka processor dapat mengeksekusi mereka, dan mengirimkan akhirnya kembali ke dalam memori Komputer. Website pabrik http://www.intel.com sediakan lebih tidak sedikit berita berkenaan keluarga  processor Pentium.

2. Processor AMD yg berperforma baik yakni Athlon, Athlon XP, Thunderbird dan seri Duron. Processor tersebut setara dgn Pentium III, merupakan mikroprosesor yg banyak digunakan saat ini oleh system desktop high-end (tingkat tinggi), workstation, & server. Bus system processor AMD Athlon didisain utk multiprosessing berskala. Nomor processor AMD Athlon dalam system mikroprosesor ditentukan oleh chip yg diperlukan. Situs pabrik, http://www.amd.com

Kecepatan Rating Processor (Processor Speed Rating)
Deskripsi CPU seperti Pentium 133, Pentium 166 atau Pentium 200 sudah cukup dikenal. No. ini yaitu spesifikasinya yg mengindikasikan kecepatan maksimum dalam beroerasi yg menciptakan CPU mampu mengeksekusi instruksi dengan andal. Kecepatn CPU dikontrol oleh external clock yg berada di dalam motherboard, bukan di dalam mikroprosesor. Kecepatan processor ditentukan oleh sinyal frekuensi clock tersebut. Umumnya dinyatakan dalam Megahertz (MHz). Makin tinggi nomernya, makin cepat jalannya processor tersebut. Kecepatan processor makin bertambah langsung. Kecepatan processor 3.0 gigahertz (3000 MHz) sekarang ini sudah tersedia.
CPU dapat berjalan dalam MHz yg lebih tinggi daripada chip yg terletak di dalam motherboard, baca pengertian motherboard dan fungsinya. Oleh sebab itu, kecepatan CPU & sinyal frekuensi jam tersebut tak selalu berjalan dalam rasio 1 banding 1. Sirkuit variable-frequency-synthesizer dibangun dalam sirkuit motherboard dapat memperbanyak sinyal clock maka motherboard mampu mendukung beberapa kecepatan CPU.

Kesimpulan

Secara umum, tiga hal yg memastikan seberapa besar informasi dapat diproses kurun waktu kapanpun :
· Ukuran bus internal
· Ukuran bus address
· Kecepatan rating processor

No comments:

Post a Comment