Friday, October 30, 2015

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron

Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron - Masih membahas tentang simulasi digital dan komunikasi dalam jaringan, yang mana pada postingan sebelumnya kita sudah membahas materi simulasi digital dan pengertian komunikasi dalam jaringan, dan sekarang kita akan membahas komunikasi daring Sinkron.
 

Bentuk Komunikasi dalam jaringan Sinkron

Komunikasi serempak atau sinkron merupakan penggunaan komputer berkomunikasi dgn individu yang lain terhadap kala yg sama lewat bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi langsung yaitu text chat,video chat, video conference, dan lain-lain.
contoh komunikasi sinkron  bentuk komunikasi sinkron

Contoh Komunikasi Dalam Jaringan Sinkron

Layanan text chat memungkinkan kita utk berkomunikasi memakai text dgn orang lain. Perbedaan mendasar antara text chat dgn e-mail ialah sifat text chat sebagai komunikasi sinkron, menentukan pesan yg dikirimakan dibaca ketika itu pun bila kastemer yang lain sedang daring (online). Sampel pelayanan text chat antara lain gtalk, yahoo messenger, Fb chat, dan lain-lain.
Terdapat juga layanan text chat yg berbasis perangkat genggam seperti whatsapp, line, kakao talk, dan lain-lain.

Berbeda dgn layanan text chat, layanan video chat, dinamakan juga video call atau video phone,mengijinkan kita utk berkomunikasi antar pribadi 1 ke 1, dgn menghadirkan lawan berbicara dalam bentuk visual dgn suara ke hadapan kita. Pada umumnya, video chat harys dilaksanakan dengan cara sinkron, di mana kita & lawan bicara harus ada di depan komputer secara serempak (pada saat yg bersamaan). Sebagai Contoh pelayanan video chat antara lain Fb video call, skype, google+ hangout, facetime, dan lain-lain. baca juga cara membuat email gmail

Video conference yaitu pelayanan video chat yg dilakukan secara antar pribadi antara 3 orang atau lebih (multipoint) dgn sekian banyak pelayanan penambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll. Sekian Banyak pelayanan video chat dapat juga dimanfaatkan utk video conference, antara lain skype, google+ hangout, bigbluebutton, Cisco webex, dll.

Terdapat beragam pelayanan video call & video conference yg sudah tersedia. Beberapa contohnya antara lain : Skype, Bigbluebutton, Cisco Webex, Google+ hangout, Umeetme. Tiap-tiap pelayanan video call & video conference tersebut mempunyai kelebihan & kekurangan masing-masing.

Google+ Hangout ialah pelayanan video chat & video conference yg bersifat free & mempunyai berbagai fitur di dalamnya. Fitur-fitur tersebut antara lain : video conference sampai 10 orang, pelayanan white board, share monitor, remote desktop, sharing video youtube, dan lain-lain. Perhitungkan beragam pelayanan tersebut, dalam Postingan ini Kita dapat memakai Google+ Hangout buat melaksanakan komunikasi sinkron.

Google+ hangouts ialah feature pelayanan video chat free dari Google yg mengizinkan obrolan satu lawan satu & obrolan group sampai sepuluh orang kepada disaat bersamaan. Google+ hangouts lebih memfokuskan pada video chatting antar grup, bukan satu ke satu, & mempunyai teknologi yg akan mengubah fokus monitor pada orang yg sedang bicara.

Google+ hangouts bisa diakses lewat komputer, notebook, & perangkat mobile Android, (Android v2.3 ‘Gingerbread’ ke atas) juga akan dikembangkan buat piranti IOS. Terkecuali video chatting, pengguna Google+ hangouts dapat berbagi dokumen, scratchpads, gambar, & video YouTube dengan pengguna lain. baca juga cara download video youtube

Google+ hangouts serta menawari feature ‘Siaran Hangouts’ untuk penyiaran percakapan video langsung yg bakal diakses oleh siapa pun dgn peramban website(website browser).

No comments:

Post a Comment