Tuesday, August 18, 2015

Pengertian Internet dan Manfaatnya

Pengertian Internet dan Manfaatnya - Pasti kamu sudah akrab dalam kehidupanmu sehari-hari dengan internet. Bahkan mungkin beberapa dari kamu sudah mulai bergantung pada internet. Kamu harus menggunakan internet untuk mengirimkan email, chatting dengan teman, bergaul di situs jejaring  sosial, mencari informasi, belajar online, dan sebagainya. Dengan kata lain, internet sudah menjadi bagian hidup. Kita tidak dapat lagi hidup tanpa internet.

Pengertian Internet dan Manfaatnya

Internet berasal dari kata International Network, Jika diterjemahkan secara langsung berarti jaringan  internasional. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan internasional karena internet menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Oleh karena itu maka internet merupakan kumpulan jaringan-jaringan  komputer yang saling terhubung satu sama lain.
pengertian internet menurut para ahli pengertian internet dan intranet pengertian internet banking pengertian internet of things pengertian internet marketing

Oleh karena merupakan sebuah jaringan, sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis.
Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu juga.

Manfaat Internet dalam Kehidupan

a. Sebagai sumber data dan informasi, sarana komunikasi data dan informasi.
internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan jumlah yang tidak terbatas. Kamu  dapat mengakses informasi apa saja di internet. Jika ingin, kamu juga dapat menempatkan informasi di intemet agar dapat diakses oleh orang lain seperti membuat blog, membuat forum, dan lain-lain.
b. Sebagai sarana komunikasi data dan informasi, internet dapat digunakan untuk komunikasi data  dan informasi dari satu komputer dengan komputer yang lain tanpa dibatasi oleh jarak fisik  kedua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berhubungan satu dengan yang lain serta mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran data dan informasi tersebut dilakukan dalam waktu yang sangat cepat.

Internet menjadi salah satu pemicu globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan siapapun dapat mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas batasnegara, waktu, jarak, hukum, atau birokrasi suatu negara. baca juga sejarah singkat internet

Macam-macam aplikasi internet

Aplikasi internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan akan terusbertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang,seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanary dan ber-bagai sektor industri lainnya.

Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yangpaling banyak dikenal dan digunakan, antara lain  World Wide Web (www), Email, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat (IRC), File Transfer Protocol (FTP), Telnet Gophea Ping dan VoIP.

Fungsi masing-masing aplikasi tersebut sebagai berikut.
  • Word Wide Web
Word Wide Web atau www atau biasa disebut web,merupakan aplikasi paling penting. Aplikasi web memungkinkan komputer-komputer di internet saling mempertukarkan informasi dalam format dokumen khusus yang disebut dengan format hypertext atau hypermedia disebuat format hypermedia  karena format dokumen tersebut memungkinkan informasi disimpan dalam berbagai bentuk, seperti teks, gambarDokumen web di internet disimpan di komputer server yang ada di internet. Saat ini diperkirakan ada ratusan ribu komputer serveryang tersebar di jaringan  internet. Komputer server yang menyimpan dokumen web disebut dengan server web (web server).
pengertian intranet  sejarah internet  manfaat internet  pengertian internet menurut beberapa ahli  pengertian internet menurut para ahli  fungsi internet  pengertian internet dan intranet  pengertian internet wikipedia
Dokumen web yang mempunyai format hypermedia dibuat dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML).  HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain sekalipun dokumen-dokumen tersebut ditempatkan di server web yang berbeda.
  • Surat Elektronik
Elektronik (electronic mail), atau lebih dikenal dengan istilah email, adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim email sama persis dengan mengirimkan sebuah surat biasa. Perbedaannya adalah, email dikirim dalam bentuk elektronik dan dikirim melalui jaringan  komputer yang ada di internet. Selain mengirimkan pesan, email juga  dapat digunakan untuk mengirimkan file-file dokumen, gambar, video, suara, dan sebagainya. Email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Email dikirimkan akan sampai sesaat setelah email tersebut dikirim kan tersebut dikirimkan ke belahan dunia lain yang atau dapat dikatakan akan sampai saat itu juga sekalipun email sangat jauh. Dikatakan murah karena biaya untuk mengirimkan email hanyalah biaya yang dikeluarkan untuk koneksi internet. baca juga cara mempercepat koneksi internet
pengertian internet service provider pengertian internet protocol pengertian internet secara umum pengertian internet dan manfaatnya pengertian internet marketing
  • Mailing List
Mailing List atau sering juga  disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke semua alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

Milis sebenarnya bentuk lain dari email. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi dengan sesama anggota kelompok. Milis mempunyai sifat yang samaaplikasi yang dengan email.

pengertian internet secara umum menurut bahasa adalah pengertian internet secara umum dan khusus pengertian internet secara umum adalah jelaskan pengertian internet secara umum
  • Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Biasanya anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu. Sarana yang mungkin digunakan dapatberupa multimedia (audiovisual) dengan menggunakan fasilitas video konferens, media teks saja, atau media teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (rRC). Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bullettinboard. Dengan newsgroup, setiap orang bebas menempelkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut. Newsgroup memungkinkan setiap anggota kelompok menyamlaikan informasi dengan cepat kepada orang-orang yang tergabung dalam sebuah kelompok.
  • Internet Relay Chat
lnternet Relay Chat (IRC) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi di internet. Berbicara di internet dikenal dengan istilah chatting. Meskipun disebut berbicara, komunikasi sebenarnya dilakukan dengan menggunakan teks. Chatting dilakukan dengan mengetik teks dan kemudian mengirimkannya. Saat ini beberapa layanan chatting di internet telah dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil dari webcam. Dengan menggunakan fasilitas ini, pelaku dapat "bercakap-cakap" sambil melihat gambar orang yang sedang diajak chatting.
  • File Transfer Protocol
File kansfer Protocol atau lebih sering disingkat dengan FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain. FTP memungkinkan  transfer data dari satu komputer ke komputer lain di internet berlangsung dengan lebih cepat. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (mengunduh atau download)  file dokumen di sebuah server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file. File tersebut memang diizinkan oleh pemiliknya untuk diambil oleh pengguna internet yang membutuhkannya. File dokumen ini bisa berupa hasil penelitian, artikel-artikel, jurnal, dan lain-lain. FTP juga sering digunakan pemilik situs di internet untuk menempatkan (mengunggah  atau mengupload) file dokumen web ke server web sehingga bisa diakses oleh seluruh pengguna internet.
  • Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan unratuk mengakses komputer yang letaknya jauh.Telnet dapat digunakan apabila kamu mempunyai alamat IP dari komputer yang akan diakses dan juga hak akses USER ID dan password ke komputer tersebut. alamat IP adalah nomor protokol internet yang diberikan kepada semua komputer yang terhubung ke internet.

Demikian pengertian internet dan manfaatnya, semoga bermanfaat. terimakasih

No comments:

Post a Comment