Sunday, February 28, 2016

Sejarah Database Secara Singkat - Xiaomi android

Sejarah Database Secara Singkat - Dalam sebuah ilmu komputer ada beberapa sistem utk mengatur pendataan dalam perangkat komputer. Data Base merupakan system yang berfungsi untuk mengatur data yang ada dalam komputer. Terdapat sekian banyak system kerja data base yg mempunyai hukum cara kerja tersendiri.

Database mempunyai sejarah bagaimana database bisa berkembanag sampai sekarang ?? Dan ternyata perkembangan database sendiri nyatanya sejalan dgn perkembangan komputer, sebab komputer sendiri tidak hanya sarana penghitung juga berkembang jadi sarana pengolah data.

sejarah data base secara singkat


Sejak era lalu ketika basis data telah jadi konsentrasi yg mutlak pada aplikasi. Di awal tahun 1960, Charles Bachman, seorang asal Amerika merancang generasi pertama DBMS yg dinamakan Daya Simpan Data Terintegrasi atau Integrated Data Store.

Dasar model data jaringan terbentuk lalu distandarisasi oleh CODASYL atau Conference on Data System Languages. Setelah itu, ilmuan komputer yang dilahirkan di Kansar pada tahun 1924 ini menerima Turing Award dari Association for Computing Machinery (ACM) pada tahun 1973 untuk "kontribusi luar biasa untuk teknologi database.

Menurut sejarah, sistem pemrosesan basis data terbentuk sesudah masa sistem pemrosesan manual & sistem pemrosesan berkas. Sistem pemrosesan manual (berbasis kertas) ialah wujud pemrosesan yg memanfaatkan basic berupa setumpuk rekaman yg disimpan pada rak-rak berkas. Apabila berkas-berkas tersebut digunakan, berkas tersebut mesti dicari di rak-rak tersebut.

Sistem pemrosesan berkas adalah sebuah sistem komputer, di mana sekelompok rekaman disimpan pada banyaknya berkas dengan cara terpisah. Perancangan sistem ini didasarkan kepada kepentingan individual pengguna, bukan kepentingan sebanyak pengguna. Maka setiap aplikasi menuliskan data tersendiri, alhasil ada bisa saja data yg sama terdapat pada berkas-berkas lain yg dipakai oleh program penerapan lain.

Sejarah Database Management system (DBMS)

Generasi pertama DBMS di desain oleh Charles Bachman di perusahaan General Electric pada awal thn 1960, dinamakan sbg Daya Simpan Data Terintegrasi (Integrated Data Store). Dibentuk basic buat model data jaringan yg selanjutnya distandardisasi oleh Conference on Data Sistem Languages (CODASYL).

Bachman seterusnya menerima ACM Turing Award (Penghargaan semacam Nobel kepada ilmu komputer) di thn 1973. Dan pada akhir 1960, IBM mengembangkan system manajemen berita (Information Management Sistem) DBMS.

IMS dibentuk dari representasi data pada kerangka kerja yg dinamakan dgn model data hirarki. Dalam waktu yg sama, dikembangkan system SABRE sbg hasil kerja sama antara IBM dgn perusahaan penerbangan Amerika. System ini mengizinkan user utk membuka data yg sama pada jaringan komputer.

Pada thn 1985, Microsoft dan IBM mengumumkan perjanjian kerja sama Jangka Panjang untuk pengembangan Os atau Sistem Operasi dan produk-produk perangkat lunak yang lain. Pengumuman ini yaitu permulaan dimulainya OS/2, suatu system operasi sesudah masa kejayaan MS-DOS.

OS/2 ini akan lebih "hebat" dan lebih "canggih" daripada MS-DOS, Dia akan dapat menangani multitasking application dgn menggunakan kekuatan processor Intel yg terupdate yaitu 80286. "That was the plan!" OS/2 secara resmi diumumkan terhadap bln April 1987, & dijanjikan dapat sedia untuk end-user pada akhir tahun tersebut.


from Ilmu Komputer http://ift.tt/1QELmFa

No comments:

Post a Comment