Thursday, April 2, 2015

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi atau Operating System/OS merupakan sebuah perangkat lunak sistem yang mempunyai tugas untuk melakukan kontrol dan managemen hardware / perangkat keras serta operasi operasi dasar sistem, termasuk juga menjalankan software / perangkat lunak pengolahan kata dan pemutar musik.

pengertian sistem operasi komputer

Dilihat secara umum, fungsi sistem operasi adalah software pada lapisan utama yang ditaruh pada memori komputer saat komputer dinyalakan. Software lain dijalankan setelah didtem operasi berjalan dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, management memori, menjadwalkan beberapa pemerograman yang berjalan secara bersamaan ,dan hubungan dengan pengguna. dengan demikian software tidak perlu lagi melakukan pekerjaan inti umum tersebut, karena sudah dilayani oleh sistem operasi tersebut.
Fungsi dan kegunaan sistem operasi secara umum fungsi sistem dalah melakukan tugas tugas penting dalam komputer dan menjamin aplikasi aplikasi dapat berjalan dengan lancar, sistem operasi menjamin sofware lainya dapat menggunaka memori, melakukan input atau output terhadap pelantara lain, dan memiliki akses kepada sistem file.

Jenis-jenis Sistem Operasi

Saat ini banyak sekali sistem operasi beredar dipasaran.namun hanya beberapa yang memiliki pengguna cukup banyak atau disebu sisitem operasi  mayoritas.sistem operasi yang banyak digunakan adalah windows dan linux untuk pc yang berbasi intel , dan untuk PC yang berbasis Mac OS maka menggunkan Macintosh. baca juga cara instal windows dan cara aktivasi windows
Selain Windows dan linux ternyata banyak juga sistem operasi yang lain, untuk menambah wawasan kita ini lah daftar nama nama sistem operasi selain windows dan linux.
a.DOS yang merupakan singkatan dari Disk Operating System, ada bebrapa versi sistem dos diantaranya adalah MS-DOS buatan Microsoft , PC DOS buatan IBM dan DR-DOS buatan Digital Research.
b.OS/2
Sistem Operasi OS/2 dibuat oleh IBM, awalnya ditujukan untuk pemakaian komputer yang dibuat sendiri namun kini mulai disebarkan.
c.Sunsoft
Sunsoft adalah sistem opersi yang dibuat oleh Sun Microsystem Inc. Sistem ini merupakan versi interaktif UNIX
d.Sistem 6.x/7.x
Sistem Operasi ini dijalankan untuk Macintosh metode menggunakan mode GUI atau Graphical User Interface
Sistem ini dikembangkan oleh Microsoft windows
f.NextSTEF
NextSTEF adalah sistem opersi yang ditujukan untuk komputer neTX karena kecanggihanya.
g.UNIX
Unix merupakan sistem operasi yang banyak digunaka dikomputer mini atau mainframe.
Baca atau download Artikel ini dalam format PDF dibawah ini


Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

No comments:

Post a Comment