Friday, December 4, 2015

Hal-hal Yang Harus di Perhatikan Sebelum Upgrade RAM

Hal-hal Yang Harus di Pertimbangkan Ketika Ingin Upgrade RAM - Lagi santai main game PES 2013 tiba-tiba notebook nge-hang, membuat kenikmatan kita terganggu. Sedang memproses data tiba-tiba laptop mogok, lambat dalam memproses software, bahkan nge-hang ketika menjalankan query dan ini merupakan salhsatu keadaan yg sering kita alami. Tugas jadi terganggu bahkan terhenti ketika laptop nge-hang dan ini juga masalah yg sangat sering dikeluhkan oleh para pengguna laptop. 
Pikiran kita pun langsung tertuju pada RAM, dan seolah-olah menghakimi RAM (Random Access Memory) sebagai biang masalah. RAM nya kurang jadi laptopnya lemot, lalu secepatnya mengambil keputusan untuk meng-Upgrade RAM. baca juga pengertian RAM dan Fungsi RAM
Untuk itulah pada postingan kali ini saya akan memberikan Tips kepada anda, Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum Upgrade RAM. Sebelum diputuskan untuk upgrade RAM alangkah baiknya kita memperhatikan beberapa factor sbg berikut :

upgrade ram

Urgensi upgrade

Disaat upgrade RAM harus di lihat tingkat kepentingannya, apakah tujuan anda upgrade hanya ikut-ikutan saja tidak dengan melihat manfaatnya atau benar-benar berharap performa laptop yg nada pakai dapat meningkat. Disaat memutuskan utk upgrade RAM kita harus melihat spek hardware & software laptop yg kita punyai, apabila tidak maka upgrade tersebut mungkin merupakan suatu langkah sia-sia.

Perhatikan Jenis Processor

Pada dasarnya suatu processor memiliki kriteria & spek memory tertentu yg telah ditentukan oleh pembuatnya. Kriteria & perincian tersebut diantaranya mencakup batas maksimal memory yg mampu dibaca oleh satu buah processor. Seandainya processor yg kita memiliki cuma bisa mensupport RAM 4 GB maka tidak dapat kita pakai dgn RAM 8 GB. Kita bisa saksikan di http://ark.intel.com/ utk mengetahui kapasitas memory yg mampu disupport oleh processor yg kita miliki (juga sebagai contoh gambar dibawah ini)

upgrade ram

Sistem Operasi

Tidak Hanya dua factor tersebut di atas tetap ada aspek lain yg perlu diperhatikan ketika akan melaksanakan upgrade RAM ialah Sistem Operasi yang anda gunakan, baca juga Macam-macam sistem operasi komputer. Masing-masing OS yg kita gunakan mempunyai limit memory pada masing-masing jenisnya (contohnya Windows 32 bit & 64 bit).

Pada dasarnya perbedaan antara 32 & 64 bit yaitu sejumlah kapasitas register, merupakan tempat menyimpan data yg dapat ditangani CPU dalam satu operasi. Secara sederhana perbedaannya terletak kepada jumlah informasi yg dapat ditangani oleh procesor pada waktu tertentu. System operasi 64 bit mempunyai ruang daya simpan lebih banyak di bandingkan 32 bit maka pemrosesan juga lebih cepat. Berikut kategori OS Windows 7 & batasan RAM yg dapat disupport.

upgrade ram


Biaya
Bermacam merek RAM yg beredar dgn variasi harga yg berbeda-beda jadi bahan pertimbangan ketika kita memutuskan membelinya. Pilih merk RAM yg telah teruji & memberikan garansi yg baik dapat menghemat budget yg mesti dikeluarkan.

No comments:

Post a Comment