Wednesday, December 23, 2015

Pengertian Hub dan Fungsinya

Pengertian Hub dan Fungsinya - Hub merupakan salahsatu dari macam-macam perangkat keras komputer yg perannya sangat penting dalam sebuah jaringan komputer, Karena Hub tersebut sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga apabila Hub mengalami kerusakan maka semua jaringan komputer dapat terputus atau terganggu.

Fungsi Hub
Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari suatu komputer dan berfungsi sebagai titik pusat yg menghubungkan semua komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sbg penguat sinyal kabel UTP, konsentrator & penyambung. 

pengertian hub dan fungsinya


Dilihat dari fungsinya Hub dibedakan jadi 2 macam adalah:
a. Hub Pasif 
Hub Pasif adalah hub yg berfungsi sebagai pemisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tak membutuhkan tenaga listrik penambahan.

b. Hub Aktif 
Hub Aktif berfungsi sbg penghubung jalur secara fisik & penguat sinyal dalam sebuah jaringan, Namun hub aktif akan bekerja jika ada tenaga listrik

Hub pada dasarnya yaitu sebuah pemisah sinyal (signal splitter). Disaat ada satu paket yg masuk ke satu port di hub, maka dapat tersalin ke port yang lain di hub yang sama & semua komputer yang tersambung di hub yg sama bisa membaca paket tersebut.

Setiap host yg tersambung ke hub dapat melihat paket ini tapi hanya host yg ditujukan saja yg dapat memprosesnya. Ini akan menyebabkan masalah network traffic, lantaran paket yg ditujukan ke satu host sebenarnya dikirimkan ke seluruh host. baca juga pengertian router

pengertian hub dan fungsinya


Kelebihan dan Kekurang Hub
Kelebihan Hub yaitu memungkinkan pengguna utk dapat sharing pada jalur yg sama ,memiliki banyak port (4 sampai 24 port ditambah 1 buat ke server atau hub lainnya.)
Kekurangan Hub ialah bisa sharing jalur yg sama maka kecepatan komunukasinya juga harus dibagi dgn hub lainya.

Karakteristik Hub
Perangkat keras Hub mempunyai beberapa port yg bisa menerima kabel jaringan, seperti kabel UTP atau coaxial. Hub memiliki banyak variasi ukuran, Hub dalam ukuran kecil mempunyai 4 port. Tetapi sebuah Hub besar akan berisi 8, 12, 16, & bahkan 24 port.

Hub bisa menghubungkan dan berfungsi supaya semua komputer yg ada pada segmen tersebut akan mengakses & berkomunikasi antara yg satu dgn yg yang lain dgn memakai konsep topologi jaringan.

Kesimpulan : Hub merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk penguat sinyal dan sebagai titik pusat penghubung jaringan komputer.

No comments:

Post a Comment