Thursday, December 24, 2015

Pengertian Repeater dan Fungsinya

Pengertian Repeater dan Fungsinya - Bicara tentang repeater, tentu tidak akan jauh dari pokok bahasan jaringan. Repeater adalah salahsatu dari beberapa perangkat keras komputer untuk akses internet. Jaringan komputer benar-benar lumayan rumit utk dipahami oleh orang awam. Jangankan berbagi perangkat yg ada pada sebuah jaringan, fungsi dan cara kerja dari jaringan saja dasarnya lumayan rumit utk dipelajari. 

Apakah repeater itu? sangat banyak orang yg bertanya-tanya tentang pengertian repeater dan fungsinya. Secara bahasa, Repeater pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris ‘repeat’ yg berarti pengulangan. Bila diartikan dari suku kata, maka repeater bisa diartikan sbg pengulang kembali, ataupun apabila disempurnakan dalam suatu bahasa, tentu repeater ialah media yg berguna utk mengulang & menambahkan kembali signal ke daerah sekitar perangkat ini.

Apabila dikaji dengan cara bahasa teknis, sehingga pengertian repeater ialah alat yg bermanfaat utk menguatkan signal. Dgn sarana ini, signal yg lemah bisa dimaksimalkan daya jangkaunya sehingga bisa dipakai utk wilayah atau daerah yg lebih luas.

pengertian repeater, fungsi repeater, pengertian dan fungsi repeater

fungsi repeater, pengertian repeater dan fungsinya

Fungsi Repeater

1. Memperluas daya jangkau sinyal server
Fungsi yg pertama dari media ini merupakan utk menambah area daya jangkau sinyal. Apabila sinyal lemah, sehingga daya jangkaunya bakal lebih sempit, sedangkan disaat sinyal kuat sehingga daya jangkaunya pun akan lebih luas.

2. Mengcover bermacam macam wilayah minim signal dari server
Dgn menggunakan repeater, maka daerah yg minim sinyal bisa dapat lebih gampang utk memperoleh sinyal. Aspek ini lantaran, sinyal yg lemah dibuat jadi lebih kuat oleh repeater ini.

3. Memudahkan akses sinyal Wifi
Dgn sinyal yg lebih kuat pastinya kita yg membutuhkan sinyal akan bisa lebih mudah terhubung sinyal tersebut. Salah satu aplikasi dari alat ini yakni pada sinyal WiFi. daftar wifi id gratis telkomsel

4. Menambahkan & mengoptimalkan sinyal
Fungsi yg keempat yaitu menambahkan & mengoptimalkan sinyal. Dalam fungsi ini, repeater bekerja dengan cara menangkap & menambahkan sinyal ke berbagai perangkat jaringan yg ada disekitar repeater ini.

5. Memudahkan proses pengiriman & penerimaan data
Dgn sinyal yg lebih kuat proses pengiriman & penerimaan data antar sesama pengguna perangkat jaringan maupun yg lewat jaringan bisa dilakukan dgn lebih cepat. Factor ini bisa diibaratkan seperti halnya saat mobil melaju di jalan tol (saat memakai repeater).

6. Meminimalisir pemakaian kabel jaringan
Sistem kerja dari repeater merupakan lewat sinyal wireless. Dgn memakai perangkat keras ini, sehingga pemakaian kabel yg ribet & semrawut dapat dihindari.

Baca juga : Pengertian Router, Pengertian Hub

No comments:

Post a Comment